Sunday, November 17, 2019

Aspek dalam melakukan pemasaran


1.    Spesifikasi Produk/Jasa.

a.    Bagaimana mutu barang/jasa tersebut diukur 
b.    Berapa banyak barang/jasa tersebut akan diperlukan
c.    Kapan barang/jasa tersebut akan diperlukan
d.    Dimana barang/jasa tersebut diperoleh
e.     Harga barang/jasa yang efisien

2.    Segmentasi Produk/Jasa.

Segmentasi pasar menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong adalah pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, dimana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Contohnya:
  1. Dapat diukur (measurable).
Ukuran, daya beli, dan profil pasar harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
  1. Dapat dijangkau (accessible).
Segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  1. Cukup besar (substantial).
Segmentasi pasar cukup besar atau cukup memberi laba yang dapat dilayani. Suatu segmen merupakan kelompok homogen yang cukup bernilai untuk dilayani oleh progam pemasaran yang sesuai.
d.     Dapat dibedakan (differentiable).
Differentiable berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas.
e.     Dapat dilaksanakan (actionable).
Actionable berarti segmen tersebut dapat dijangkau atau dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

          Manfaat Segmentasi Pasar
a.    Pasar lebih mudah dibedakan.
b.    Pelayanan menjadi lebih baik.
c.    Strategi pemasaran lebih terarah.
d.    Menemukan peluang baru.
e.    Faktor penentu desain.
f.     Strategi komunikasi lebih efektif.
g.    Melihat kompetitor dengan segmen yang sama.
h.    Evaluasi target dan rencana bisnis.

3.    Analisis Situasi Pasar

Pasar hendaknya ditentukan sehingga konsumen dan pesaing dapat dianalisis secara tepat. Menurut Kotler (2000), syarat adanya pasar adalah harus terdapat orang-orang dengan kebutuhan dan keinginan tertentu dan satu atau lebih produk yang dapat memuaskan kebutuhan ini. Selain itu, para pembeli juga mau dan mampu membeli produk yang memuaskan kebutuhan keinginan mereka.
Contohnya pada perusahaan dibidang teknologi smartphone. Maka perusahaan itu haru menganilisi keseluruhan yang mencakup SWOT (Strength,Weakness,Opportunies dan Treaths). Yang berarti harus mengetahui keunggulan pada produk smartphone yang dibuat,mengetahui kelemahan dari produk yang dibuat, kemudian dapat melihat peluang pada pasar dan yang terakhir mengetahui ancaman dari pesaing.

4.    Analisis Pesaing

Analisis pesaing merupakan suatu perbuatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa saja yang dilakukan oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa yang mirip dengan produk kita.
Adapun hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
a)          Identifikasi pesaing.
Contohnya: Pada perusahaan smartphone harus mengetahui seperti apa pesaingnya.
b)          Menentukan sasaran pesaing.
Contohnya: Pada perusahaan smarphone harus mengatahui target sasaran pasar dari pesaingnya apakah produknya akan menargetkan ke kalangan tertentu.

c)          Identifikasi strategi pesaing.
Contohnya: Pada perusahaa smartphone harus mengetahui strategi pasar dari produk pesaing.

5.    Strategi Promosi

a.     Promosi merupakan salah satu konsep dari Marketing Mix, promosi lebih kepada menawarkan access/channel kepada pembeli. Bagaimana pembeli/nasabah bisa mendapatkan informasi yang lebih baik, bagaimana bank mengedukasi calon nasabah, maka promosi adalah salah satu medium yang tepat! Kegiatan promosi yang dilakukan suatu perusahaan menggunakan konsep MIX PROMOTION, yang terdiri dari:
b.     Advertensi, yaitu suatu bentuk penyajian dan promosi dan gagasan, barang, atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang bersifatmassif dan nonpersonal.
c.      Personal Selling, yaitu penyajian secara lisan dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan agar dapat terealisasinya penjualan.
d.     Promosi Penjualan, yaitu segala kegiatan pemasaran selain personal selling, advertising and publicity. Yang merajuk konsumen untuk membeli seperti exhibition, roadshow, and all things about selling yang tidak dilakukan secara teratur atau continue.
e.     Publicity, yaitu usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara massif seperti layanan masyarakat

6.    Media Promosi Berbasis IT
a.    Website.
Contohnya dapat melakukan pembuatan website sebagai ajang promosi produk/jasa

b.    Layanan Iklan pada sosial media.
Contohnya melakukan promosi melalu fitur pengiklanan dari bebagai social media agar dapat dipromosi oleh situs media social sehingga pengguna yang melihat promosi itu jauh lebih besar disbanding hanya melakukan promosi media social menggunakan akun sendiri.
Pada dasarnya untuk membuat strategi dalam pemasaran wajib melakukan beberapa point serperti:
1.     Spesifikasi Produk/Jasa: untuk sebagai langkah dalam melakukan awal pemasaran.
2.    Segmentasi Produk/Jasa: sebagai langkah kedua untuk mengelompokan target pasar.
3.    Analisis Situasi Pasar: sebagai langkah selanjutnya dalam melakukan pemasaran produk ialah harus mengetahui situasi pasar sebagai targer pemasaran suatu produk.
4.    Analisis Pesaing: sebagai langkag sebelum melakukan promosi ialah harus mengetahui siapa pesaing dan apa langkah yang akan dilakukan pesaing agar produk/jasa yang kita tawarkan dapat lebih diterima masyarakat dan pasar dari semua elemen kelompok.

Setelah melakukan hal-hal diatas kemudian melakukan strategi promosi yang pertama harus dilakukan ialah wajib mengtahui cara dasar dalam melakukan promosi produk/jasa. Jika sudah lalu lakukanlah di beberapa media berbasi IT seperti website dan memanfaarkan fitur iklan pada media social.

1 comment:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    Plus, getting it set up is as easy as 1 . 2 . 3!

    Here's how it works...

    STEP 1. Tell the system which affiliate products the system will push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products on it's own!

    So, do you want to start making money??

    Click here to launch the system

    ReplyDelete